h1

Kronologi Hilangnya Mahasiswa UGM di Gunung Semeru

Agustus 4, 2009

Yogyakarta – Mahasiswa UGM. Andika Listyono Putra, hilang di Gunung Semeru dan hingga kini belum ditemukan. Berikut kronologis nasib naas yang dialami mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial Politik (Fisipol) itu.

Andika melakukan pendakian bersama 6 orang temannya pada 24 Juli 2009. Lima orang anggota tercatat dari KPALH Setrajana-Fisipol UGM dibantu dua partisipan dari luar UGM.

Lima anggota KPALH Setrajana itu masing-masing, Andri Samad Rambe, Muhammad Iqbal willyanto, Hari Rachmawan, Lazuardhi Dwi Irawan, dan Andika Listyono Putra. Sedangkan partisipan di luar anggota Setrajana adalah, Ade (AKINDO Yogyakarta) dan Aska (Surabaya).

Menurut Andri yang sekarang sudah berada di pintu masuk pendakian Ranupane, mereka berangkat ke Gunung Semeru 24 Juli pukul 21.00 WIB dengan menggunakan Kereta Gaya Baru Malam.

Selasa, 28 Juli 2009 pagi, rombongan mencapai puncak Semeru bersama 3 rombongan lain. Cuaca saat itu berkabut dan angin besar.

Sekitar pukul 09.00 WIB, mereka kemudian turun menuju pos camp di Kalimati dalam kondisi fisik normal dalam satu kelompok. Namun beberapa waktu kemudian Andika Listyono terpisah dari rombongan. Andi dan rombongan terpisah oleh punggungan yang berada di sebelah kanan jalur pendakian.

Tapi saat itu Andika dan rombongan masih bisa berkomunikasi dengan teriakan. Dikarenakan karena kondisi angin yang ada saat itu cenderung mengarah ke arah rombongan maka suara teriakan dari Andika dapat terdengar oleh rombongan. Namun suara rombongan tidak dapat terdengar oleh Andika.

Kemudian rombongan segera mengejar Andika dengan menjadi 2 kelompok. Kelompok pertama kembali ke atas dan menuruni jalur yang dilalui Andika dan kelompok kedua langsung turun dengan maksud memotong jalur yang diperkirakan akan dilalui Andika. Akan tetapi karena kondisi jarak pandang yang pendek dan kondisi medan yang sulit menyebabkan kedua kelompok tersebut kehilangan jejak Andika.

Kedua rombongan berkumpul kembali di camp Kalimati dan berusaha mencari Andika di sekitar Kalimati. Setelah didiskusikan, rombongan memutuskan untuk membagi menjadi 2 kelompok lagi. Kelompok pertama 3 orang (Hari, Ardi dan Aska) tinggal di camp Kalimati bersama 20 pendaki lainnya dengan tujuan menunggu dan memulihkan kondisi fisik.

Kelompok kedua (Andri, Iqbal dan Ade) menuju ke Ranukumbolo untuk beristirahat di Ranukumbolo. Sedangkan Andri meneruskan perjalanan ke Pos Pendakian Ranupane untuk melapor.

Andri sampai di Ranupane jam 17.00 WIB dan Tim SAR langsung meluncur ke lokasi untuk melakukan pencarian Andika dan penjemputan 3 orang yang berada di Kalimati dan 2 orang di Ranukumbolo.

sumber: http://www.infogue.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: